Monday, March 10, 2008

Mengapa Pake LINUX ...?

Beberapa pengguna komputer terkadang bertanya ”mengapa harus memakai LINUX ..kok bukannya OS yang sudah sering kita pake ?”.

Berikut sedikit alasan mengapa memakai Linux :

  1. Linux itu bebas. Ada empat kebebasan yang tercantum dalam free software yaitu kebebasan menjalankan program untuk tujuan apapun, kebebasan mempelajari bagaimana program tersebut berjalan dan mengadaptasinya untuk kebutuhan, kebebasan mendistribusikan salinan kembali untuk membantu sesama, dan kebebasan memperbaiki program dan merilis perbaikan tersebut ke publik.
  2. Office Suite berstandar internasional. OpenOffice.org yang merupakan Office Suite di Linux memiliki standar ISO 26300 untuk Open Document Format (ODF). Format ini menjadi salah satu format yang didukung oleh OASIS (Organization for the Advancement of Structure Information Standard). Selain itu Anda masih dapat membuka berbagai format dokumen di Linux
  3. Support & Update tersedia bebas di Internet. Terdapat lebih dari 20.000 program yang dapat Anda download dari internet secara bebas. Selain itu Anda dapat menemukan berbagai tutorial & troubleshooting untuk mengatasi pekerjaan sehari-hari.
  4. Total Cost Ownership lebih murah. Dengan adanya GPL, maka Anda perlu tidak perlu membayar lisensi sehingga menghemat biaya pengeluaran atas kepemilikan, dan Linux tersedia dalam satu paket sistem operasi tanpa perlu menginstal software tambahan (Office Suite, multimedia, internet, dsb).
  5. Tidak melanggar HaKI dan Fatwa MUI. Linux menggunakan lisensi GPL (GNU Public License) yang berstandar internasional, sehingga Anda tidak perlu kuatir dituduh sebagai pembajak perangkat lunak.
  6. Masih sedikit virus yang dapat menginfeksi Linux atau hampir dikatakan tidak ada yang berarti....

kalo ingin lebih jauh tahu mengenai linux silakan ...kunjungi www.linux.or.id atau GOGGLING AJA ..mengenai linux....

Terima kasih kepada seluruh pengguna internet di Warnet Albattani.com.

Free Web Hosting